Cara Kenali Mobil yang Bermasalah pada Mobil Bekas

 


Membeli mobil bekas dapat menjadi alternatif yang baik untuk menghemat biaya, tetapi ada risiko untuk membeli mobil bekas yang bermasalah. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa mobil dengan cermat sebelum membelinya.

Pasalnya, mobil akan dipakai dalam jangka panjang sehingga sebaiknya jangan asal pilih dan perlu dilakukan secara matang, mulai dari pilihan mobil, pertimbangan dananya, dan hal mendetail lainnya.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengenali mobil bekas yang bermasalah:

Periksa cat mobil dan keausannya

Perhatikan warna dan keadaan cat pada mobil. Jika ada bagian yang berbeda warna atau noda yang mencurigakan, ini bisa menandakan mobil pernah mengalami tabrakan atau pernah dicat ulang.

Selain itu, periksa juga keausan pada bagian-bagian seperti pedal gas, rem, dan kopling. Jika keausannya tidak seimbang, ini bisa menjadi tanda mobil pernah diubah dengan tidak sesuai standar.

Periksa kualitas mesin dan kondisi kaki-kaki

Periksa mesin dan kondisi kaki-kaki mobil dengan hati-hati. Pastikan tidak ada kebocoran pada mesin dan transmisi, serta pastikan suara mesin berjalan mulus dan tidak berisik.

Periksa juga ban mobil, pastikan tidak ada bagian yang kempes atau tidak teratur dan keausannya merata. Kamu juga harus memastikan bahwa sistem rem dan suspensi dalam keadaan baik.

Cek dokumen dan riwayat mobil

Pastikan untuk memeriksa dokumen mobil sebelum mantap membelinya. Kamu perlu memastikan keaslian dan kelengkapan dokumennya seperti STNK dan BPKB.

Selain itu, periksa juga riwayat mobil, termasuk apakah mobil pernah mengalami kecelakaan atau pernah direparasi. Kamu bisa melakukan pengecekan melalui layanan cek kendaraan di Kepolisian.

Lakukan test drive

Sebelum membeli mobil, lakukan test drive untuk merasakan kualitas mobil. Perhatikan apakah mobil mudah dikemudikan, suara mesin, transmisi dan suspensi, serta pastikan tidak ada getaran atau suara aneh selama perjalanan.

Dilansir dari mobbi.id, test drive juga menjadi salah satu upaya agar kamu yang berencana membeli mobil bekas terhindar penipuan serta modifikasi mobil yang akan merugikan kamu di kemudian hari.

Gunakan jasa pemeriksa independen

Kalau kamu belum yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam memeriksa mobil bekas, gunakan jasa pemeriksa independen. Mereka akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan memberikan laporan detail tentang kondisi mobil.

Memiliki mobil yang bermasalah dapat mengakibatkan boncos di kemudian hari. Oleh karena itu penting untuk melakukan pemeriksaan yang cermat sebelum membeli mobil bekas.

Jangan terburu-buru karena tergiur harga murah dan iming-iming penjual saat akan membeli mobil dan pastikan kamu mengambil keputusan yang tepat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Kenali Mobil yang Bermasalah pada Mobil Bekas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel