Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga yang Perlu Kamu Ketahui


Suzuki Ertiga pernah menjadi mobil MPV favorit dan meluncur di Indonesia pada tahun 2012. Kehadiran dari mobil ini memberikan gangguan pada kejayaan Avanza yang sering disebut mobil sejuta umat.

Karena populernya mobil membuat Ertiga tidak sulit ditemukan di bursa mobil bekas di media online. Harga bekas mobil Ertiga ini sekitar 100 juta hingga 180 juta sedangkan harga barunya berada di angkat 225 juta

Meski terbilang cukup terjangkau namun kamu perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya sebelum membeli. Dari informasi ini nantinya kamu bisa memutuskan apakah mobil ini cocok atau tidak untuk digunakan.

Kelebihan Suzuki Ertiga

Di balik harganya yang terjangkau, mobil ini memiliki berbagai kelebihan diantaranya:

1. Irit Bahan Bakar

Untuk membeli mobil, efisiensi konsumsi bahan bakar menjadi pertimbangan yang sangat penting. Untuk Ertiga di generasi pertama memiliki keunggulan lebih irit bahan bakar di kelasnya.

Untuk di dalam kota saja, mobil ini mampu melaju pada jarak 12 km dengan konsumsi 1 liter saja. Sedangkan di luar kota, untuk 1 liter bahan bakar bisa menempuh jarak hingga 16 km.

2. Eksterior dan Interior Mewah

Hadir di tahun 2012, mobil Ertiga dilengkapi dengan desain eksterior dan interior yang cukup mewah. Bahkan mobil ini mengusung konsep elegan khususnya di bagian interior dengan fitur yang sangat lengkap.

Untuk eksteriornya pun juga juga tidak kalah dengan interior mulai dari dasbor hingga console tengahnya. Di semua bagian ini dari sisi lekukannya sangat pas dan membuat mobil terlihat gagah nan sporty.

3. Suspensinya Empuk

Bentuk keunggulan lain pada Ertiga terletak pada suspensi yang empuk dan setara dengan Grand Livina. Kenyaman di bagian ini karena menggunakan basis Swift dengan sasis monoko.

Untuk jenis suspensi yang digunakan adalah MacPherson Strut di bagian depan. Sedangkan di bagian belakangnya menggunakan Torsion Beam dengan coil spring. Gabungan dari kedua suspensi ini membuat kamu semakin nyaman dalam berkendara.

Kekurangan Suzuki Ertiga

Di balik kelebihan yang ada di Ertiga ternyata juga memiliki kekurangan diantaranya adalah:

1. Interior Mudah Kotor

Interior yang ada pada mobil ini menampilkan kesan mewah sekaligus lega untuk ditempati. Namun jika pemiliknya kurang menjaga kebersihan bisa membuat bagian ini mudah kotor. Umumnya bagian yang mudah kotor itu seperti dasbor, jok dan juga door trim.

2. Kurang Bertenaga

Meski tergolong irit bahan bakar tetapi performa dari mobil ini masih kurang bertenaga. Dengan kapasitas mesin 1.400 cc membuat mobil ini berada di tengah-tengah antara Grand Livina dan Avanza.

Hal ini bisa terlihat dari untuk melaju dari jarak 0 hingga 100 km membutuhkan waktu 12,5 detik. Sedangkan untuk kecepatan maksimal berada di 6.000 rpm dan torsi 130 Nm.

3. Bagasinya Kecil

Bentuk kekurangan terakhir dari mobil ini ini terletak pada bagasinya yang tergolong sempit. Bahkan Ertiga ini tergolong mobil LMPV yang bagasinya paling kecil dari kendaraan yang sejenis. Dengan demikian untuk kamu yang suka travelling dengan barang yang banyak kurang cocok untuk menggunakan mobil ini.

Dari kelebihan dan kekurangan ini kamu bisa memutuskan untuk membeli atau tidak. Jika kamu suka mobil yang irit bahan bakar tetapi tidak sering berkendara berkecepatan tinggi maka mobil ini bisa jadi pilihan.

Meski memiliki beberapa kekurangan rasanya sepadan dengan Harga Suzuki Ertiga di generasi pertama ini. Dengan harga baru 225 juta, mobil ini layak untuk dimiliki meski terdapat beberapa kekurangan di beberapa sisinya.

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga yang Perlu Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel