Infoginekologi.web.id sebagai penyedia pengetahuan dan artikel informasi kesehatan wanita online seperti penyebab, pencegahan dan cara mengatasi

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Info kesehatan wanita kali ini adalah fakta dan cara mengatasi keputihan saat hamil. Keputihan merupakan hal yang biasa dialami oleh wanita pada umumnya. Namun, bagaimana dengan keputihan yang dialami ketika sedang hamil muda? Hal ini banyak disebabkan karena wanita tersebut kurang menjaga kebersihan organ reproduksinya. Selain itu, keputihan saat hamil muda juga mungkin saja terjadi karena adanya perubahan hormonal ketika masuk pada usia hamil muda yang kemudian membuat calon ibu tersebut merasa stress. Kemunculan keputihan ini sangat sering membuat ibu hamil menjadi khawatir akan mempengaruhi kesehatan dirinya serta janin yang berada dalam kandungannya.

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Keputihan dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah keputihan normal dan yang kedua adalah keputihan abnormal. Agar anda dapat menentukan apakah keputihan yang anda alami berada pada golongan normal atau berada pada golongan abnormal, berikut akan saya berikan penjelasan perbedaan kedua jenis keputihan tersebut.

Apa saja faktanya?

Inilah fakta keputihan saat hamil:

Dibawah ini, Anda dapat membaca apa saja yang perlu dilakukan bila Anda mengalami keputihan saat hamil.

1. Mengeluarkan cairan putih

Nah fakta pertama, keputihan normal pada ibu hamil akan mengeluarkan cairan putih yang tidak menimbulkan bau. Nah, bagi anda yang saat ini mengandung diusia kandungan muda dan anda mengalami keputihan dengan keluarnya cairan yang jumlahnya sangat banyak, berbau, menyebabkan gatal, dan bening tidak berwarna, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan tenaga kesehatan yang menangani masalah ini.

2. Bercak-cak

Fakta yang kedua yaitu keputihan saat hamil muda akan dianggap normal meskipun akan disertai dengan bercak-bercak karena hal itu merupakan hasil dari proses implantasi. Asalkan keputihan tersebut tidak menimbulkan rasa gatal, anda masih bisa bertoleransi terhadap keluarnya cairan keputihan ini.

3. Keputihan abnormal mengeluarkan warna kehijauan

Yang ketiga, keputihan saat hamil muda dapat dikategorikan sebagai jenis keputihan abnormal jika cairan yang anda keluarkan cenderung berwarna kehijauan dan disertai nyeri pada bagian perut. Hal ini bisa saja terjadi karena adanya infeksi organ intim yang apabila anda biarkan terus menerus akan mengancam jiwa janin dan juga jiwa anda sendiri. Karena ituah, jika gejala ini muncul, segera periksakan diri ke dokter untuk menghindari kemungkinan buruk yang terjadi.

Untuk mengatasi keputihan saat hamil muda, terdapat berbagai cara yang dapat anda lakukan. Nah, apa saja jawaban untuk cara mengatasinya?

Inilah cara mengatasi keputihan saat saat hamil

Untuk lebih jelasnya, berikut akan saya berikan ulasan lengkap tentang cara mengatasi keputihan saat hamil muda.

  • Berkonsultasi ke TIM MEDIS

Yah, cara yang pertama dalam mengatasi keputihan saat hamil adalah berkonsultasi. Cara ini yang paling tepat untuk yang kami rekomendasikan. Disini, Ibu hamil bisa langsung memberikan keterangan lengkap, bila Ibu sedang mengalami keputihan. Nah, dari penjelasan yang sudah kami berikan diatas maka Ibu hamil bisa memastikan Keputihan dengan warna apa yang keluar.

  • Pemeriksaan bersama dengan pasangan

Nah, cara mengatasi keputihan pada Ibu hamil ini sebaiknya melakukan pemeriksaan bersamaan dengan pasangannya (Suami dan Istri). Lebih baik menghindari dari pada mengatasi. Yah, kalimat tersebut tentu masih perlu diterapkan untuk kedua pasangan. Tidak ada salahnya, Suami juga melakukan cek atau pemeriksaan terhadap organ intimnya.

  • Jaga kebersihan

Nah, biasanya bila saat hamil tentu agar tetap sehat, bugar, fit dan menjaga kesehatan janin juga, maka olahraga memang sangat penting. Nah, disini pantas harus diperhatikan. Bila Ibu hamil saat berolahraga dan sudah saatnya selesai. Maka, jangan tunda lagi untuk selalu terapkan kebersihan. Keringat akan dapat menimbulkan jamur. Untuk memusnahkan jamur dan juga kuman penyebab keputihan, pastikan anda selalu menjaga kebersihan organ intim anda. Baik ketika sehabis buang air kecil maupun besar. Ingat, bahwa cara membersihkannya adalah dengan arah dari depan ke belakang.

  • Lakukan pap smear

Cara ini tidak hanya wanita yang belum menikah saja menerapkannya. Akan tetapi, yang sudah menikah juga sangat penting. Disini, bila Ibu hamil melihat mencurigakan pada organ intimnya, memang pertama bisa melakukan konsultasi ke dokter yang terpercaya menurut Anda. Bila dihimbau untuk melakukan pap smear maka lakukan hal ini.

  • Pola makan

Yah, bukan orang kegemukan saja menerapkan cara yang ini. Akan tetapi bagi Ibu hamil juga sama hal. Pola makan pada Ibu hamil juga saat dianjurkan untuk diperhatikan. Ini merupakan cara selanjutkan dalam mengatasi keputihan. Pantas Anda hindari dengan makan makanan dengan siap saja dan juga fast food.

  • Kenakan pakaian dalam yang longgar

Jangan gunakan pakaian dalam ketat karena dapat memicu timbulnya keringat dan munculnya bakteri-bakteri yang dapat memperarah keputihan yang anda alami

  • Hindari berendam didalam air hangat

Air hangat akan memicu perkembangan kuman dan bakteri penyebab keputihan sehingga akan memperparah kondisi keputihan yang anda alami. Karena itulah, hindari kebiasaan berendamm dalam air hangat.

Demikian ulasan lengkap tentang keputihan saat hamil serta cara untuk mengatasinya. Semoga fakta dan juga cara mengatasi keputihan saat hamil bisa bermanfaat Yah!

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Info & Artikel Kesehatan