Infoginekologi.web.id sebagai penyedia pengetahuan dan artikel informasi kesehatan wanita online seperti penyebab, pencegahan dan cara mengatasi

Gejala dan Penyebab Asam Urat

Gejala dan penyebab asam urat info dari blog kesehatan kami hali ini. Asam urat merupakan salah satu penyakit yang saat ini sedang banyak diperbincangkan karena telah banyak menyerang masyarakat. penyakit yang akrab dengan seseorang berusia 30 tahun keatas ini tampaknya bukanlah penyakit yang ringan. Jika dibiarkan dan tidak segera ditangani, penyakit ini akan membuat penderitanya akan merasa sangat tidak nyaman apalagi dengan rasa sakit yang diimbulkannya.

Apa saja gejalanya?

Berikut ini gelaja asam urat

Gejala dan penyebab  Asam Urat

Untuk dapat mengatasi penyakit ini sejak dini, berikut akan saya berikan ulasan lengkap tentang gejala awal penyakit asam urat.

  • Terjadi nyeri

Gejala asam urat yang pertama adalah timbulnya rasa nyeri, ngilu dan linu pada bagian sendi. Rasa ini akan membuat anda merasa sangat tidak nyaman dan terpaksa berhenti darii suatu aktivittas untuk menunggu agar rasa nyeri tersebut menjadi lebih berkurang. Tak jarang ngilu dan nyeri yang timbul ini akan membuat bagian yang sendi tersebut menjadi bengkak dan memerah. Jika tanda ini anda alami, segeralah memeriksakan diri ke dokter agar segera ditangani.

  • Lama (waktu) terjadi nyeri 

Gejala asam urat yang berikutnya adalah waktu nyeri. Nyeri yang timbul tidak akan berlangsung sepanjang hari. Jika sedang muncul, rasa nyeri dan ngilu akan menyerang penderita ketika pagi hari ketika bangun tidur serta malam hari.

  • Nyeri di Sendi

Gejala asam urat yang ketiga adalah bagian sendi yang diserang. Dari seluruh sendi yang berada didalam tubuh manusia, sendi yang paling sering dihinggapi rasa nyeri akibat asam urat adalah bagian sendi jari kaki, jari tangan, lutut, tumit, pergelangan tangan dan yang terakhir adalah sendi siku.

Konsultasi ke medis bila terjadi asam urat berlebih

Untuk memastikan apakah anda mengalami kelebihan asam urat atau tidak, biasanya dokter akan menganjurkan anda untuk melakukan tes laboraturium. Jika hasil dari tes tersebut melebihi angka 3,5-7 mg/dl pada pria dan melebihi 2,6-6 mg/dl pada wanita, maka sudah dapat dipastikan bahwa anda sedang mengalami kelebihan asam urat.

Untuk penyebab dari asam urat apa saja?

Inilah penyebab asam urat:

Untuk yang memastikan apa saja yang menjadi penyebab asam urat adalah berikut dibawah ini.

  • Mengkonsumsi zat purin

Penyebab penyakit asam urat sangat beragam. diantaranya adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin. Contoh dari makanan yang banyak mengandung zat purin adalah melinjo. Jika anda gemar mengkonsumsi melinjo atau olahan melinjo, sebaiknya anda berhati-hati karena melinjo merupakan bahan makanan yang banyak mengandung purin.

Purin yang berlebihan masuk kedalam tubuh akan melalui proses dan menghasilkan hasil metabolisme berupa asam urat. Jika kadar asam urat didalam tubuh meningkat, maka ginjal tidak akan sanggup untuk membuangnya melalui urin. Akibatnya kristal asam urat akan menumpuk dipersendian dan akan menyebabkan penderita menjadi merasa nyeri pada persendian tersebut. [Baca juga: makan baik dan pantang penderita asam urat].

  • Mengkonsumsi obat-obat

Tentu yang namanya obat-obatan bisa terbuat dari bahan kimia. Nah, obat-obatan bisa menjadi penyebab asam urat. Obat diantaranya, tekanan darah tinggi, jantung dan kekebalan tubuh. Satu hal lainnya juga Kemoterapi dan radiasi menjadi salah satu yang menyebabkan asam urat (Uric Acid).

  • Usia

Munculnya rasa sakit terjadi pada umur  usia 45 tahun ke atas. Nah, untuk asam urat bisa terjadi pada orang 28, 29, dan 30 ke atas.

Berdasarkan dr. Theodore Fields, MD, profesor dan juga ahli terhadap persendian. Mengemukakan, orang semakin tua akan bisa beresiko asam urat. Ini artinya, semakin tua maka fungsi ginjal akan berkurang. Hal ini bisa mengakibatkan kadar asam urat bisa bertambah. Obat-obat yang sering dipakai, maka hal ini yang meningkatkan resiko terkena asam urat.

Pada kasus yang parah, penderita asam urat akan merasa bahwa dirinya kesulitan untuk berjalan. Bukan karena mati rasa, namun persendian kaki terasa sangat nyeri yang membuat orang tersebut tidak sanggup lagi untuk berjalan. Karena itulah, sebelum hal ini terjadi alangkah baiknya jika kita mencegahnya sejak dini. Semoga bermanfaat!

Gejala dan Penyebab Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Info & Artikel Kesehatan