Infoginekologi.web.id sebagai penyedia pengetahuan dan artikel informasi kesehatan wanita online seperti penyebab, pencegahan dan cara mengatasi

Tempat Penyimpanan ASI Yang Bagus dan Baik

Halo Ibunda tercinta, tempat penyimpanan ASI (Air Susu Ibu) itu penting loh. Setelah Ibunda telah memerah ASI, baik dengan menggunakan tangan, pompa, ataupun elektrik itu haruslah disimpan secara bagus dan baik. Penutupan dan peletakan penyimpanan itulah yang paling penting yang harus diketahui. 

Pemberian ASI terhadap Bayi atau anak
Pemberian ASI terhadap Bayi atau anak. Sumber gambar: https://duniafitnes.com/wp-content/uploads/2013/01/700-Bakteri-Baik-Ditemukan-Hidup-dalam-ASI.jpg

Pemilihan POMPA ASI YANG BAGUS juga telah kami sampaikan diartikel sebelumnya dan apabila Ibunda belum mengetahui bagimana sih pemilihan pompa asi yang bagus, nah diartikel tersebut telah kami sampaikan dan Ibunda juga bisa membacanya. 

Masih berbicara tentang ASI, informasi sehat kali infoginekologi memberikan informasi yang tak kalah menarik mengenai penyimpanan ASI. Setelah asi diperah maka alangkah baiknya anda tau tempat, bahan, suhu, atau pun bagaimana cara menyimpan asupan asi perah yang telah anda lakukan. Agar tetap terjaga kondisinya dan baik untuk dikonsumsi maka dengan senang hati kami turut berbagi informasi untuk para bunda tercinta.

Pemberian ASI ke Bayi dengan dot
Pemberian ASI ke Bayi dengan dot. Sumber gambar: http://luvizhea.com/wp-content/uploads/2014/09/Sufor-untuk-bayi.jpg
Berdasarkan banyak penelitian bahwa ASI memang memiliki banyak manfaat untuk bayi. Akan tetapi, jika ASI perah seorang Ibu tidak dilakukan segera dalam proses penyimpanan, maka ASI pun akan juga rentan terhadap bakteri yang dapat masuk ketika kita tidak menjaganya dengan baik. Selain itu, tempat yang tidak baik akan membuat ASI akan mudah pecah pada saat anda sejukan di freezer atau lemari kulkas anda. Jika kalau seperti ini, maka akan sia-sia pemerahan asi yang telah dilakukan.

Untuk mengatasi hal diatas, nah disini kami mencoba membagikan sedikit, tips mengenai hal tersebut. Biasanya tempat yang cocok bagi ASI adalah botol atau dot plastik yang dapat ditutup erat tapi jangan sekali -sekali menyimpanya di kantung plastik, karena susu akan mudah pecah karena nya saat diletakan di dalam freezer, setelah anda memerah susu asi yang anda dapat kan dari hasil perahan anda yang anda lakukan setiap satu sampai tiga jam sekali, ada baik nya asi segera ditutup rapat, agar tidak basi, karena yang namanya susu akan sangat mudah berfermentasi jika terkena bakteri dan rasanya kurang lezat di konsumsi oleh anak anda. Setelah anda tutup rapat tempat nya, simpan susu di dalam freezer atau pendingin, ini memungkin kan anda mengawetkan asi selama seminggu loh, asalkan tertutup dengan rapat dan tidak ada ruang yang menyebab kan udara masuk.

Berikut beberapa gambar tempat penyimpanan ASI

tempat penyimpanan ASI di lemari es
tempat penyimpanan ASI di lemari es. Sumber gambar: http://asibayi.com/wp-content/uploads/2011/06/botol-asi-kaca-tutup-karet-in-use.jpg

Pembarian label berdasarkan hari pada ASI
Pembarian label berdasarkan hari pada ASI. Sumber gambar: http://meetdoctor.com/uploads/images/botol_asi%20copy.jpg

Nilai gizi ASI sangat lah tinggi maka dari itu kualitas ASI yang diperah sangat lah mesti di perhitungkan, kita bisa membiasakan nya dengan menyimpan ASI sebanyak mungkin, asal anda harus memberi tanggal pemerasan, asi yang telah diperas karena susu mudah basi jika disimpan lebih dari satu minggu, asalkan tetap dalam kondisi yang rapat, dan agar tidak ada bakteri yang masuk. Sebagai ibu yang penuh dengan kasih sayang kepada anak nya sangat lah penting untuk memperhatikan kesehatan anak anda salah satu nya dengan tetap memberikan ASI sampai usia bayi 2 tahun, biasanya anak akan tumbuh pintar dan tidak mudah terserang penyakit, terkadang masih banyak ibu yang tidak tau bagaimana menyimpan asi dengan benar, mereka seenaknya meletakan digelas tanpa ditutup, lalu dibiarkan saja tanpa dimasukan kedalam lemari pembeku atau freezer, alhasil anaknya bukan meminum  asi yang bergizi tetapi malah meminum asi yang sudah tercemar bakteri jahat.

Oleh karena itu anda harus selalu memperhatikan kualitas perahan asi yang telah di pijah disuatu tempat dengan memberi nya label tanggal dan jam pemerahan susu agar susu yang di konsumsi tetap menjadi kualiatas yang terbaik, mungkin itu saja yang saya bahas mengenai penyimpanan ASI, percayalah bahwa ASI sangat berfungsi menstimulasi otak anak anda menjadi lebih pintar dibandingkan pemberian susu formula, dan kita berdoa saja agar anak kita tau betapa susah nya seorang ibu mengorbankan waltunya untuk kesehatan seorang anak, dan siapa tau alat- alat yang lebih canggih akan di temukan untuk kita memerah ASI dengan gampang dikemudian hari, jadi lah ibu yang bertanggung jawab akan kesehatan anaknya, karena anak akan tumbuh seperti apa yang kita ingin kan yaitu cerdas, pintar, kreatif, inovativ, serta ambisius untuk menjadi orang yang sukses dikemudian hari. Salam sehat bagi wanita-wanita muda yang mementingkan kesehatan anak nya, dan salam sejahtera bagi para pembaca setia artikel kesehatan ini God Bless you.

Untuk melengkapi penyimpanan asi yang baik, maka inilah kami berikan beberapa suhu yang baik digunakan.

Penyimpan asi yang baik berdasarkan suhu
Penyimpan asi yang baik berdasarkan suhu. Sumber gambar: http://www.idai.or.id/wp-content/uploads/2014/04/Screen-Shot-2014-04-22-at-11.58.26-AM-e13981427897641.png
Pastikan Ibunda menerapkan tempat penyimpanan ASI yang baik dan benar.

Tempat Penyimpanan ASI Yang Bagus dan Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Info & Artikel Kesehatan