Infoginekologi.web.id sebagai penyedia pengetahuan dan artikel informasi kesehatan wanita online seperti penyebab, pencegahan dan cara mengatasi

2 Cara Memerah ASI, Cara Manual (Pompa) & Elektrik

Cara memerah ASI (Air Susu Ibu), ketahui 2 cara ini yaitu cara manual (pompa) dan elektrik. Halo wanita sehat, setelah informasi sebelumnya telah memberikan pompa ASI yang bagus, maka kali ini sama halnya. Untuk kali ini, informasinya membahas mengenai cara memerah ASI (Air Susu Ibu).

Cara Memerah ASI, Cara Manual (Pompa) & Elektrik

Ya, berbicara memberikan ASI ekslusif kepada bayi, terkadang banyak hal yang dilakukan para Ibu untuk tetap memberikan ASI kepada anak nya, walaupun sedikit capek dengan segala aktifitas tentu para Ibu masih tetap memerah ASI (kalau ASInya didapat dengan cara memerah) dan elektrik. 


Inilah cara memerah ASI dengan cara manual dan elektrik

cara memerah ASI dengan cara manual dan elektrik

1. Cara memerah ASI dengan cara manual (pompa dan tangan)


Dengan cara memerah ASI tentu dapat membantu Ibu untuk tetap terjaga kondisi payudara nya, sebagai contoh tidak terlalu penuh dan keras, biasanya akan terjadi dua minggu sampai empat minggu pasca kelahiran sang anak dan seorang ibu yang harus melanjutkan aktifitas nya sebagai wanita karir ini pun menjadi solusi yang tepat, dengan memberi stock ASI kepada anak, berarti pula anda peduli terhadap kesehatan anak anda. Dalam artikel ini akan sedikit membahas tentang cara memerah ASI dengan cara manual, ataupun memakai alat batu hisap.

Mari kita bahas cara manualnya dulu ya,

  • Langkah awal  yang harus anda sediakan adalah botol atau gelas plastik yang higienis lalu anda harus menyesiakan karet dan plastik sebagai penutup, 
  • Langkah kedua perhatikan kebersihan tangan anda dengan cara mencuci tangan dengan sabun antiseptik atau pembersih tangan yang berupa gel 
  • Langkah ketiga, cuci sedikit payudara anda dengan cara mengambil kain berbahan lembut dan dibasuh dengan air hangat, atau bisa juga anda membasuhkan payudara anda dengan tisu basah yang steril, 
  • Langkah ke empat letakan dua jari anda dibagian areola payudara anda ingat jangan menekan puting nya, karena bisa membuat peredaran menjadi macet, pastikan payudara anda sedang dalam keadaan lunak, lalu tekan sedikit dengan ibu jari dan telunjuk kearah dalam, atau searah dada, maka tetes demi tetes air susu ibu akan keluar. 
  • Langkah ke lima lakukan proses pemijatan agar payudara terbiasa dan lebih banyak menghasilkan air susu, lakukan hal ini setiap satu sampai tiga jam sekali dalam semalam, agar payudara tetap dalam keadaan nyaman. setelah botol terisi penuh simpan stock asi anda pada lemari es, yaitu tempat tersejuk untuk ASI.

2.  Cara memerah ASI dengan cara automatic electric breast pump


Kalau tadi kita telah membahas dengan cara manual, banyak juga para ibu yang menggambil cara dengan mudah yaitu dengan alat bantu pompa ASI ataupun automatic electric breast pump, kalau dengan pompa biasanya gampang, cara nya tinggal arah kan corong penghisap ke arah payudara lalu tekan pompa karet, mudah kan. Ada juga yang elektrik hanya dengan meletakan corong keatas permukaan payudara, maka alat tersebut akan memijat payudara anda sehingga air susu nya keluar deras.

Begitulah cara memerah ASI untuk para Ibu muda yang sedang sibuk-sibuk nya mengejar karir atau tidak ada waktu, tapi tetap ingin punya anak di usia muda dan menyusui.

Sekarang jaman semakin maju, banyak alat untuk membantu anda agar tetap beraktifitas, tapi tetap sayang dan bertanggung jawab sama anak anda dengan memberi asi, sekarang bukan hal yang tabu loh memeras didepan umum bahkan dari beberapa pengamatan ibu-ibu muda yang sering memeras payudaranya didepan umum (tidak terlalu terbuka), hanya untuk kepentingan gizi anak nya. Bahkan hanya di tutupi dengan jaket atau pun pashminah sudah cukup bisa menyelimuti serta menutupi payudaranya. Itupun kalau anda yang mempunyai rasa malu berlebih, hal ini bisa dilakukan di kantor ataupun di angkutan umum (walaupun tidak banyak).

Karena kesehatan anak anda itu adalah hal yang sangat terpenting bagi seluruh ibu yang ada muka bumi ini, dengan peduli akan asupan gizi yang seimbang seperti dari air susu ibu atau ASI, juga sebagai  nutrisi untuk anak, agar ia tumbuh besar dan menjadi anak yang berprestasi, cukup sekian ulasan dari kami mengenai cara memerah ASI.

2 Cara Memerah ASI, Cara Manual (Pompa) & Elektrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Info & Artikel Kesehatan