Infoginekologi.web.id sebagai penyedia pengetahuan dan artikel informasi kesehatan wanita online seperti penyebab, pencegahan dan cara mengatasi

Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Aman Untuk Janin dan Bumil

Obat batuk bukan hanya berlaku pada umumnya. Akan tetapi, penggunaan obat untuk Ibu hamil dan menyusui juga ada. Dengan catatan, harus resep dan diperiksakan dari dokter kandungan. [Baca disini: OBAT BATUK UNTUK IBU MENYUSUI].

Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Aman Untuk Janin dan Bumil

Saat mengalami kehamilan kesehatan tubuh menjadi perhatian utama yang tidak boleh disepelekan. Batuk menjadi penyakit yang bisa saja menyerang bumil dengan mudah. Walaupun terlihat sepele, batuk harus tetap segera ditangani dengan obat batuk untuk ibu hamil tradisional, sebagai pilihan lain obat batuk ketika terlalu beresiko memilih obat-obatan berbahan kimia. Bahan kimia yang terkandung dalam obat batuk yang biasa dijumpai di apotek bisa saja membawa pengaruh yang buruk untuk janin apalagi jika bumil mengkonsumsi obat tersebut terus menerus. Tak hanya menu makan yang harus dijaga, obat-obatan pun harus diperhatikan betul-betul jangan sampai Anda mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Jika bumil terserang batuk, jangan khawatir. Tidak selamanya mengobati penyakit dengan obat-obatan kimia dari apotek, Anda bisa meracik sendiri obat batuk yang terbuat dari bahan-bahan alami. Selain aman obat batuk alami ini terkadang lebih efektif dalam menyembuhkan batuk.

Baca juga: Obat Batuk alami untuk Ibu hamil

Inilah obat batuk untuk ibu hamil yang bisa bumil racik sendiri dirumah :


1. Obat batuk dari daun seledri, daun sirih dan daun kemangi

Obat batuk dari daun seledri

Daun seledri

Obat batuk dari daun sirih
Daun sirih

Obat batuk dari daun kemangi
Daun kemangi

Anda bisa mencoba obat batuk dari rebusan daun seledri yang selanjutnya dicampuri dengan beberapa tetes madu. Atau bisa juga merebus daun kemangi yang dipercaya mampu meredakan batuk kering. Sedangkan untuk daun sirih, Anda bisa merebusnya lalu campurkan sedikit jahe untuk menghangatkan tenggorokan dan menghilangkan rasa gatal.

2. Obat batuk dari campuran susu dengan kunyit


Obat batuk dicampur dari susu dan kunyit
Obat batuk tradisional selanjutnya adalah membuat susu hangat lalu dicampur dengan kunyit bubuk dan Anda bisa menambahkan sedikit madu sesuai selera. Paduan susu hangat dicampur dengan kunyit dipercaya mampu melegakan tenggorokan dengan cepat.

3. Obat batuk dari jeruk limau

Obat batuk dari jeruk limau

Selain obat batuk untuk Ibu hamil dengan jeruk nipis yang dicampur, juga sama halnya jeruk limau pun tak kalah efektif meredakan batuk. Anda bisa meracik jeruk limau ini menjadi obat batuk dengan cara memeras jeruk limau lalu air perasan tersebut ditambahkan dengan air hangat sehingga menjadi wedang jeruk limau. Selain itu, jeruk juga dapat bermanfaat dalam meredakan sakit tenggorokan/radang tenggorokan. [Baca disini JERUK, MENGOBATI RADANG TENGGOROKAN].

4. Obat batuk dari daun basil dicampur madu

Obat batuk dari daun basil dicampur madu

Obat batuk alami selanjutnya ialah dengan merebus daun basil lalu dicampur dengan madu. Sebagai obat batuk, cukup mengkonsumsi 1 sendok teh saja.

Itulah empat obat batuk tradisional yang bisa menjadi pilihan lain dari obat batuk yang mengandung bahan kimia. Agar batuk cepat reda sebaiknya konsumsi obat batuk untuk ibu hamil tradisional diatas secara rutin dan diselingi dengan banyak minum air putih dan istirahat yang cukup. Batuk bisa saja menyerang bumil yang terlalu lelah sehingga antibodi dalam tubuh menurun.

Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Aman Untuk Janin dan Bumil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Info & Artikel Kesehatan