Infoginekologi.web.id sebagai penyedia pengetahuan dan artikel informasi kesehatan wanita online seperti penyebab, pencegahan dan cara mengatasi

Panduan Olahraga Untuk Ibu Hamil

Panduan olahraga untuk Ibu hamil - Olahraga untuk ibu hamil merupakan sebuah kebutuhan yang tidak boleh dilupakan. Hal ini sangat penting untuk menjaga kondisi ibu hamil agar selalu dalam keadaan yang sehat. Tak hanya menjaga kesehatan ibu, olahraga juga sangat penting untuk menjaga kesehatan si jabang bayi didalam perut.

Dengan olahraga yang cukup, ibu hamil akan terhindar dari stres, terhindar dari gangguan fisik serta mempermudah ketika proses persalinan. Olahraga untuk ibu hamil apa saja yang dapat memberi manfaat bagi kesehatan ibu dan bayi didalam kandungan? Berikut dibawah ini bahas mengenai hal tersebut.

Olahraga Untuk Ibu Hamil


Sebelum membahas jenis olahraga yang cocok untuk dijalankan ibu hamil, di blog ini dapat membahas tentang pengertian olahraga terlebih dahulu agar anda dapat memahaminya secara utuh.


Olahraga merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan psikis. Contoh olahraga yang dapat menyehatkan fisik adalah berenang, senam, lari, basket, dan lain-lain. sedangkan olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan psikis adalah olahraga yoga dan olahraga catur.


Dari berbagai jenis olahraga yang ada, tak semuanya cocok untuk dilakukan oleh ibu hamil. hal ini disebabkan karena banyak pula macam olahraga yang terlalu keras untuk dilakukan oleh ibu hamil sehingga justru akan membuat nyawa bayi didalam kandungan menjadi berbahaya. Contoh olahraga yang sangat cocok dilakukan oleh ibu hamil adalah senam ringan serta yoga. Kedua jenis olahraga ini dinilai tidak terlalu berat dan tidak membuat ibu hamil beraktivitas terlalu berlebihan. Selain 2 jenis olahraga tersebut, masih ada lagi olahraga yang sangat baik dilakukan oleh ibu hamil karena bermanfaat bagi dirinya.

Olahraga apa saja yang dimaksud?

Berikut adalah cuplikan lengkapnya dalam panduan olahraga untuk Ibu hamil.


1. Panduan pertama, olahraga yang cocok untuk Ibu hamil: BERENANG

olahraga untuk Ibu hamil, Berenang

Tekanan air pada tubuh ketika sedang berada didalam air sangat bermanfaat untuk membuat irama jantung ibu hamil menjadi lebih stabil. Hal ini sangat bermanfaat sebagai sebuah relaksasi dan membuat ibu menjadi terlepas dari stress.

2. Jalan kaki

Jalan kaki, olahraga untuk Ibu hamil

Merupakan salah satu olahraga yang dapat menjaga tubuh agar selalu dalam kondisi yang prima. Bagi Ibu hamil, jalan kaki sangat bermanfaat untuk membuat jantung bayi didalam kandungan menjadi lebih sehat. Namun, untuk menghindai terjadinya pembengkakan pada kaki, pastikan anda mengatur jadwal olahraga berjalan kaki. Lakukan 3 hari saja dalam jangka waktu 7 hari. Selain bisa menyehatkan jantung bayi, berjalan kaki juga bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan.

3. Terakhir, olahraga yang pantas dicoba untuk Ibu hamil adalah MENARI

Menari, olahraga untuk Ibu hamil

Olahraga menari merupakan jenis olahraga hiburan yang dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar serta terhindar dari stress. Pastikan bahwa anda menari dengan irama yang tidak terlalu cepat untuk menghindari kecapekkan.

Lainnya seperti bersepeda juga sebagai latihan yang tepat, baik dan aman untuk melakuan bentuk latihan. Selama tidak dilakukan berlebihan, maka hal ini baik dan sehat saja. Yoga untuk kehamilan dan pilates juga baik untuk memperkuat keseimbangan dan melepaskan ketegangan. 

Demikian ulasan lengkap tentang olahraga untuk ibu hamil yang dapat anda jadikan sebagai pilihan untuk membuat ibu dan calon bayi menjadi sehat. Ingat, sebelum melakukan hal ini, maka sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter Anda atau medis apakah hal ini cocok untuk pada Ibu hamil dan olahraga apa saja yang cocok di aplikasi dalam program Ibu hamil.


Referensi:
http://www.babycentre.co.uk/a758/guide-to-exercising-in-pregnancy
http://id.theasianparent.com/4-posisi-yoga-untuk-ibu-hamil/
(Diakses terakhir 07/12/2015)

Panduan Olahraga Untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Info & Artikel Kesehatan