Infoginekologi.web.id sebagai penyedia pengetahuan dan artikel informasi kesehatan wanita online seperti penyebab, pencegahan dan cara mengatasi

Makanan Yang Baik & Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Asam urat, merupakan penyakit kelebihan asam urat yang akan menyebabkan penderitanya merasa nyeri pada bagian persendian. Awalnya, penyakit ini disebabkan oleh konsumsi makanan yang banyak mengandung purin. Purin menjadi bagian makanan bagi penderita asam urat. Kandungan purin yang berlebihan kemudian akan dimetabolisme oleh tubuh dan menghasilkan asam urat.

Makanan Bagi Penderita Asam Urat

Asam urat yang berlebihan tidak bisa dibuang oleh ginjal sepenuhnya sehingga akan menumpuk didaerah persendian dan membuat penderitanya menjadi merasa nyeri pada bagian tersebut. Rasa nyeri yang ditimbulkan penyakit ini biasanya muncul ketika sudah memasuki pagi hari dan juga malam hari. Hal ini sangat merugikan penderitanya karena ketika rasa nyeri ini datang maka ia akan merasa sangat tersiksa karena rasa sakit yang begitu hebat. Bagi anda yang sudah memiliki riwayat kesehatan penyakit asam urat, agar tidak kambuh sudah sepantasnya anda belajar untuk mengontrol makanan. Patuhi pantangan agar kondisi anda segera pulih. Apa saja pantangan makanan bagi orang yang terkena asam urat? 

Berikut adalah ulasan lengkapnya makanan pantangan bagi penderita asam urat.


1. Jeroan

Makanan pantangan Bagi Penderita Asam Urat, Jeroan

Memang saat di makan, maka yang diberikan adalah enak. Tetapi, pantangan makanan asam urat yang pertama ini adalah jeroan yang menjadi faktor pertama timbulnya asam urat. Jeroan banyak mengandung kolesterol yang akan membuat penyakit asam urat anda bertambah dengan penyakit kelebihan kolesterol. Nah, contoh jeroan yang harus anda hindari antara lain adalah ginjal, babat, usus, limpa, hati, paru, otak, dan jeroan lainnya yang sekiranya mengandung lemak jahat yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

2. Seafood

Makanan pantangan Bagi Penderita Asam Urat, Seafood

Pantangan makanan asam urat yang kedua adalah seafood. Seafood juga merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat karena dapat memperparah kondisi tersebut. beberapa contoh seafood yang harus anda hindari adalah cumi, kepiting, kerang, tiram, teri, dan makanan laut lainnya.

3. Makanan kaleng

Makanan pantangan Bagi Penderita Asam Urat, Makanan Kaleng

Selain makanan segar, penderita asam urat juga dilarang untuk memakan makanan kaleng seperti kornet, sarden dan makanan kaleng lainnya. Makanan ekstrak daging juga harus dihindari. Contoh makanan ekstrak daging yang harus dihindari adalah abon dan dendeng.

Sayur memang bahan makanan sehat yang seharusnya berdampak baik bagi kesehatan. namun, jika anda menderita kelebihan kadar asam urat, sebaiknya anda menghindari konsumsi sayur bayam, kembang kol, buncis, asparagus, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya dan daun kangkung. Sayuran tersebut banyak mengandung zat purin yang dapat menyebabkan kondisi anda menjadi semakin parah.


Lalu, makanan apa yang tidak termasuk pantangan asam urat?

Makanan Yang Baik Bagi Penderita Asam Urat

Penderita asam urat boleh mengkonsumsi buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, apel, ataupun mangga. Selain itu buah naga, belimbing wuluh, dan labu kuning juga merupakan buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat karena kandungan vitamin-nya yang dapat membantu mengatasi masalah kelebihan kadar asam urat.


Demikian ulasan lengkap mengenai beberapa makanan yang baik atau cocok dikonsumsi dan juga pantangan bagi penderita asam urat. Untuk makanan yang menjadi pantangan penderita asam urat yang seharusnya anda patuhi agar tubuh anda segera sehat dan tidak tersiksa rasa nyeri akibat penyakit asam urat. Semoga bermanfaat.

Makanan Yang Baik & Pantangan Bagi Penderita Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Info & Artikel Kesehatan