Infoginekologi.web.id sebagai penyedia pengetahuan dan artikel informasi kesehatan wanita online seperti penyebab, pencegahan dan cara mengatasi

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita Usia Subur

Menjaga kesehatan reproduksi wanita sangatlah penting dilakukan. Agar tetap terjaga, maka diperlukan pengetahuan yang sangat mendalam seperti salah satunya kebersihan.

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita Usia Subur

Usia wanita yang menginjak 20 sampai 45 tahun merupakan saat-saat wanita tersebut berada dalam masa subur. Pada usia tersebut, kinerja organ reproduksi wanita akan berada pada puncaknya. Pada usia 20 hingga 29 tahun, kesempatan wanita untuk hamil mencapai 95%. Sedangkan untuk usia diatas angka tersebut, presentase kemungkinan hamil akan semakin mengecil bersamaan dengan menurunnya fungsi organ reproduksi. Karena itulah, pada masa-masa subur wanita cenderung akan segera mendapatkan momongan karena jika melebihi usia tersebut akan lebih sulit karena faktor usia yang semakin bertambah. Namun, bagaimana dengan mereka yang kesulitan untuk mendapatkan momongan ketika masa subur? Bisa saja sebabnya adalah karena kurangnya menjaga kesehatan reproduksi ketika usia subur. Lalu, bagaimana sebenarnya cara untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita usia subur?

Untuk lebih jelasnya, berikut akan saya jelaskan bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi hal tersebut.

1. Merapikan rambut yang ada di organ intim

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita usia subur adalah dengan merapikan rambut yang tumbuh disekitar organ reproduksi. Karena rambut ini sendiri berfungsi untuk melindungi organ reproduksi wanita, jadi anda tidak boleh memotongnya hingga habis. Sisakan rambut yang tipis dengan cara mencukurnya sedikit demi sedikit dengan menggunakan gunting yang sudah disterilisasi.

2. Gunakan pakaian dalam yang tepat

Cara kedua yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita usia subur adalah dengan membuat pakaian dalam menjadi pakaian yang hanya boleh anda gunakan sendiri. Seperti yang kita ketahui, celana dalam merupakan media penularan penyakit kelamin yang paling berpotensi. Nah, bagi anda yang ingin organ reproduksi tetap selalu berada dalam keadaan yang sehat, pastikan bahwa anda hanya memakai pakaian dalam khusus milik anda sendiri.

3. Jaga Organ reproduksi tepat kering

Cara ketiga yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita usia subur adalah dengan selalu menjaga organ reproduksi agar selalu dalam keadaan kering. Keadaan yang lembap pada celana dalam akan cenderung mengundang munculnya bakteri penyebab penyakit. Ketika anda usai buang air kecil, pastikan bahwa organ reproduksi dikeringkan terlebih dahulu dengan menggunakan tissue. Hal ini sangat penting untuk menghindari kuman yang nantinya dapat menyebabkan beberapa masalah yang mengganggu kenyamanan wanita pada organ reproduksinya.

4. Pola hidup sehat

Cara keempat yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita usia subur adalah dengan memelihara pola hidup yang sehat. Untuk menjaga kesehatan reproduksi, pola hidup sehat juga akan memberikan pengaruh yang cukup besar. Sebisa mungkin, hindari kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol, meengkonsumsi junk food, dan lain-lain. Oleh sebab itu, mulai sejak kini usahakan untuk selalu menjaga pola hidup anda. Istirahat yang cukup, olahraga yang rutin, pola makan yang teratur juga harrus diperhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Demikian ulasan lengkap tentang cara menjaga kesehatan reproduksi wanita usia subur yang dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat, tetap jaga kesehatan reproduksi Anda.

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita Usia Subur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Info & Artikel Kesehatan