Infoginekologi.web.id sebagai penyedia pengetahuan dan artikel informasi kesehatan wanita online seperti penyebab, pencegahan dan cara mengatasi

Jenis Penyakit Menular Seksual, Ketahui 9 Berikut Ini

Berikut ini blog infoginekologi.web.id mengulas penyakit menular seksual dan jenis penyakit menular seksual juga. Pengin tahu apa saja? Dapatkan 9 berikut ini. 

Jenis Penyakit Menular Seksual, Ketahui 9 Berikut Ini
Penyakit menular seksual biasa kita kenal dengan istilah “PMS” adalah salah satu jenis penyakit yang dapat dengan mudah menular melalui hubungan seksual. Hampir seluruh penyakit seksual menular yang dialami oleh seseorang akan beresiko tinggi menyebabkan kematian pada mereka. Apalagi, jumlah kematian yang disebabkan oleh penyakit jenis ini semakin hari, maka semakin mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Nah, bagi anda yang merasa penasaran dengan macam-macam penyakit menular seksual yang harus kita hindari. Tidak hanya jenis atau macam-macam saja, akan tetapi gejala penyakit menular seksual  juga dijelaskan dibawah ini.

Untuk mengetahui selengkapnya, berikut dibawah ini saya sudah ulas dengan lengkap.

Ada 4 jenis penyakit menular seksual yang harus Anda waspadai:


1. Kencing nanah atau gonore

Penyakit menular seksual yang pertama adalah penyakit kencing nanah. Dengan bahasa ilmiah “Gonorrhoeae” penyakit ini telah berhasil menjadi salah satu penyakit mematikan yang sudah merenggut banyak jiwa. Penyakit kencing nanah disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae.

Bakteri yang satu ini akan menimbulkan infeksi pada bagian-bagian tubuh tertentu seperti lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum, bahkan anggota tubuh lain yang bukan merupakan organ reproduksi seperti tenggorokan dan mata. Gejala yang dialami oleh pria dan wanita yang terjangkit penyakit ini berbeda.

Pada pria, mereka akan merasa sakit ketika buang airkecil dan munculah nanah di alat kelaminnya. Sedangkan pada wanita, mereka baru akan menyadari bahwa ia terinfeksi bakteri setelah hitungan 7 hingga 21 hari sesudah bakteri menginfeksi.

2. Sifilis

Penyakit menular seksual yang kedua adalah sifilis. Sifilis beresiko besar terhadap fungsi otak penderitanya. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri bernama Treponema Pallidum ini banyak terjadi akibat hubungan seksual yang tidak sehat. Ketika bakteri sudah masuk dalam tubuh, hanya dalam hitungan detik saja bakteri tersebut akan menyebar keseluruh tubuh melalui pembuluh darah. Bagi ibu hamil, keberadaan penyakit sifilis akan mengancam bayi untuk lahir dengan kondisi cacat fisik.

3. Herpes Genital

Penyakit menular seksual yang ketiga adalah Herpes Genetal. Penyakit yang disebabkan oleh virus herpes Simplex ini menular melalui hubungan seksual baik vaginal, anal atau bahkan oral. Gejala awal yang dialami oleh penderita hanyalah merasa gatal dan seperti kesemutan. Namun, setelah hal tersebut tidak ditangani maka akan muncul kemerahan yang kemudian membentuk sebuah lepuhan. Lepuhan ini akan membentuk lingkaran merah ketika ia sudah mulai mereda.

4. Klamidia

Penyakit menular seksual yang keempat adalah klamidia. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis ini memiliki gejala awal yang sangat mirip dengan penyakit kencing nanah. Meskipun hal tersebut tidak selalu terjadi pada setiap penderita, namun sebagian besar pasien penyakit klamidia mengaku gejala yang dirasakan sangat mirip dengan gejala penyakit kencing nanah. Untungnya, penyakit menular seksual yang satu ini termasuk pada salah satu penyakit yang cukup mudah untuk disembuhkan. Tentu saja hal tersebut bisa terjadi jika anda segera menanganinya kettika gejala sudah mulai anda rasakan.

5. Parafilia

Parafilia masalah dengan mengendalikan impuls yang ditandai dengan berulang dan fantasi seksual yang intens, mendesak, dan perilaku yang melibatkan benda-benda yang tidak biasa, kegiatan, atau situasi tidak dianggap syur kepada orang lain.

6. Trichomoniasis

Trikomoniasis adalah penyakit menular seksual (PMS) keenam kali ini dari blog infoginekologi.web.id. PMS ini disebabkan oleh organisme kecil yang disebut Trichomonas vaginalis.

7. Kutil kelamin dan HPV

Human papillomavirus atau HPV adalah virus mudah menular yang menyebabkan kutil kelamin. Ini dapat meningkatkan risiko serviks atau kanker penis. Jika hal ini terjadi atau dinyatakan sebagai tanda awal kutil kelamin, maka ada baiknya untuk mendapatkan pemeriksaan tahunan.

8. Hepatitis B

Hepatitis B adalah penyakit serius yang disebabkan oleh virus yang bernama hepatitis B (HBV). Dengan adanya infeksi virus ini pada tubuh, maka dapat menyebabkan parut pada hati, gagal hati, kanker hati, dan bahkan kematian.

9. Vaginitis

Vaginitis adalah infeksi atau peradangan vagina. Hal ini dapat menyebabkan gatal dan terbakar, perubahan keputihan, dan kadang-kadang nyeri saat berhubungan seks.

Nah, bagaimana setelah mengetahui penyakit menular seksual dan jenis-jenisnya apakah sudah bisa mengantasipasinya? Jika salah satu jenis-jenis penyakit menular seksual yang merasa ada pada diri Anda, maka sebaiknya periksalah dokter penyakit kutil kelamin maupun kulit. Demikian beberapa penyakit menular seksual, semoga bermanfaat.

Jenis Penyakit Menular Seksual, Ketahui 9 Berikut Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Info & Artikel Kesehatan