Infoginekologi.web.id sebagai penyedia pengetahuan dan artikel informasi kesehatan wanita online seperti penyebab, pencegahan dan cara mengatasi

Mari Mengenal Penyakit Radang Panggul

penyakit radang panggul
Infoginekologi.web.id - Informasi penyakit radang panggul mulai dari gejala, ciri-ciri, dan penyebabnya tentu ada disini. Radang panggul adalah suatu penyakit yang menyerang organ reproduksi wanita yang diakibatkan oleh adanya infeksi dari penyakit menular seksual yaitu gonorea dan klamidia. Untuk penyakit radang panggul memiliki banyak dampak buruk terhadap kesehatan seorang wanita. Beberapa dampak tersebut adalah berasal dari jenis radang panggul akut. Pertama, radang panggul akut dapat memicu seorang wanita mengalami kemandulan. Kedua, penyakit radang panggul akut dapat mengakibatkan kerusakan pembuluh darah kecil yang menyebabkan penyakit ginjal. Ketiga, penyakit radang panggul akut dapat mengakibatkan psikologi seorang wanita menjadi terganggu.

Radang panggul akut disebabkan oleh keterlambatan dalam penanganan penyakit ini. Akibatnya, infeksi oleh bakteripun berkembang mulai dari tuba falopi hingga rahim. Melihat dampak dari penyakit ini tentu sangat berbahaya. Kamu sebaiknya mencoba untuk berkonsultasi pada dokter secara pribadi dan mendalam.

Penyebab terjadinya penyakit radang panggul sangatlah luas. Akan tetapi, dikesempatan informasi kali ini, infoginekologi.web.id akan berbagi dari penyebab – penyebab utama penyakit radang panggul.

Berikut ini uraian penyebab radang panggul:


1. Hubungan seksual seusai melahirkan

Setelah melahirkan saluran keluarnya bayi dari rahim akan terluka. Jika hal ini terjadi maka pada seorang wanita dalam melakukan hubungan intim, bisa luka dan dapat terinfeksi oleh bakteri patogen.

2. Usia wanita

Jika Wanita yang melakukan hubungan intim dibawah usia 25 tahun, maka ini sangat dimungkinkan rentan mengalami penyakit radang panggul karena kondisi leher rahimnya belum siap.

3. Berganti – ganti pasangan 

Jika seorang wanita sering berganti – ganti pasangan dalam berhubungan seksual, maka dapat dimungkinan bahwa ia akan sangat mudah terserang penyakit radang panggul. Hal tersebut terjadi karena organ reproduksi pasangan dalam berhubungan intim bisa saja tidak sehat.

4. Riwayat keluarga

Jika dalam riwayat keluarga seorang wanita ada yang pernah mengidap penyakit radang panggul, maka kemungkinan wanita tersebut untuk terjangkit penyakit itu adalah 4 kali lipat dari wanita biasa.

Gejala yang dialami oleh wanita dalam mengidap penyakit radang panggul juga beragam.

Berikut informasi www.infoginekologi.web.id tentang gejala radang panggul agar anda dapat lebih was – was.


1. Rasa nyeri di daerah sekitar perut

Jika seorang wanita sering mengalami nyeri dibagian perut hingga pinggul, maka wanita tersebut harus segera memeriksakan dirinya kedokter. Bisa saja hal tersebut merupakan tanda anda sedang mengidap penyakit radang panggul. Nyeri yang anda rasakan akan semakin terasa parah ketika anda memasuki hari terakhir masa haid.

2. Perasaan selalu kedinginan

Wanita yang mengidap penyakit radang panggul akan selalu merasa bahwa suhu disekitarnya sangat dingin. Karena itulah mereka sering menggigil kedinginan.

3. Sering keluar bercak darah dari rahim

Radang pinggul akan membuat seorang wanita kerap kali mengeluarkan bercak darah dari dalam rahimnya. Padahal jika diamati bahwa pada wanita tersebut sedang tidak mengalami menstruasi. Dalam hal ini, jika anda mengalaminya maka segera pergilah berkonsultasi kepada dokter.

Itulah yang dapat saya bagikan mengenai radang panggul, penyebab dan gejala – gejalanya. Semoga bisa bermanfaat.

Mari Mengenal Penyakit Radang Panggul Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Info & Artikel Kesehatan