Infoginekologi.web.id sebagai penyedia pengetahuan dan artikel informasi kesehatan wanita online seperti penyebab, pencegahan dan cara mengatasi

6 Langkah Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur

cara mengatasi haid tidak teratur
Infoginekologi.web.id - Inilah 6 langkah mudah dalam mengatasi haid tidak teratur versi blog ini. Haid merupakan peristiwa keluarnya darah dari rahim sebagai akibat dari sel telur tidak dibuahi oleh sel sperma. Kedatangan haid berarti menandakan fungsi reproduksi seorang wanita sudah bisa berfungsi secara maksimal dan matang. Masa haid wanita akan berakhir pada usia sekitar 40 hingga 45 tahun. Wanita yang sudah tidak mengalami haid disebut menopause.

Haid pada wanita bukanlah hal yang selalu berjalan lancar. Dari sekian banyaknya wanita yang ada dimuka bumi ini banyak pula mengalami keluhan – keluhan saat dia sedang haid. Diantaranya adalah rasa nyeri pada pinggang hingga perut, darah yang keluar dari rahim tidak lancar, hingga jumlah darah yang keluar berlebihan karena haid datang dengan terlambat. Haid yang berjalan dengan lancar adalah keinginan bagi setiap wanita, tapi bagi yang sudah berpasangan istri justru haid yang terlambat menjadi salah satu keinginan dari kedua pasangan. Tapi pada intinya haid datang tentunya memberikan kesehatan pada perempuan yaitu mengeluarkan darah kotor.

Berikut akan dijelaskan mengenai cara mengatasi haid yang tidak teratur.


1. Hubungan seksual

Bagi wanita yang sudah memiliki suami, berhubungan seksual minimal satu kali dalam seminggu terbukti mampu membuat siklus haid menjadi teratur. Hal ini disebabkan karena saat berhubungan seksual, wanita akan mengaami orgasme. Orgasme inilah yang membuat aliran darah di rahim wanita memperoleh suplai oksigen yang cukup. Karena itulah, bagi anda yang sudah memiliki suami, anda bisa rutin melakukan hubungan seksual secara rutin minimal sekali dalam seminggu untuk menjaga kelancaran siklus haid.

2. Meminum jamu

Selain dapat menjaga kesehatan organ reproduksi, jamu tradisional juga mampu membuat siklus haid mejadi teratur. Salah satu contoh jamu yang bisa memperlancar haid adalah jamu kunyit asam. Karena itulah anda perlu meminum jamu ini minimal 2 kali dalam seminggu agar haid anda bisa teratur.

3. Kurangi konsumsi makanan berlemak

Selain dapat menimbun kolesterol, memakan makanan yang kaya akan kandungan lemak dapat membuat siklus haid wanita menjadi tidak teratur. Lemak yang masuk kedalam tubuh melalui makanan dapat menghambat proses menstruasi didalam rahim sehingga haid menjadi tidak lancar.

4. Kurangi aktivitas yang berlebihan

Aktivitas sehari – hari yang terlalu berat dan melelahkan dapat membuat kerja hormon dalam tubuh wanita menjadi tidak seimbang. Hal tersebut kemudian akan menjadikan siklus haid menjadi tidak teratur. Oleh sebab itu, anda baiknya mengurangi aktivitas – aktivitas yang memberatkan fisik anda agar siklus haid tetap bisa teratur.

5. Selektif terhadap makanan

Wanita yang ingin haidnya lancar harus bisa selektif terhadap makanan yang masuk kedalam perutnya. Apalagi untuk wanita yang mengidap penyakit kista. Menurut dokter, wanita yang mendidap penyakit kista diwajibkan untuk menghindari makanan yang pedas, asam dan juga jenis makanan siap saji.

6. Meningkatkan konsumsi sayur

Berbahagialah bagi anda yang menyukai makanan berbahan sayur karena makanan tersebut memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaatnya adalah dapat memperlancar haid bagi seorang wanita. hal tersebut disebabkan karena sayur memberikan banyak vitamin dan mineral yang bisa membuat haid menjadi teratur.

Itulah 6 cara mengatasi haid yang tidak teratur yang bisa blog infoginekologi.web.id informasikan. Semoga memberi banyak manfaat bagi anda.

6 Langkah Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Info & Artikel Kesehatan