Infoginekologi.web.id sebagai penyedia pengetahuan dan artikel informasi kesehatan wanita online seperti penyebab, pencegahan dan cara mengatasi

6 Cara Ampuh Mencegah Keputihan

cara mencegah keputihan pada wanita
6 cara ampuh mencegah keputihan versi pengetahuan serta informasi infoginekologi.web.id - Keputihan adalah suatu gangguan reproduksi yang ditandakan dengan keluarnya cairan putih melalui vagina. Pada tingkat keputihan yang rendah, tingkat cairan yang keluar juga akan berwarna sedikit bening. Sedangkan keputihan dalam tingkat medium, keputihan akan keluar dengan cukup banyak, berwarna putih akan tetapi berbau tidak sedap. Berbeda halnyalagi dengan keputihan tahap akhir yang akan keluar dalam jumlah banyak yang disertai dengan darah dan menebarkan bau busuk yang menyengat. Pada kondisi ini anda wajib berkonsultasi kepada dokter untuk memastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan baik - baik saja.

Keputihan menyebabkan beragam dampak buruk terhadap kesehatan. Bahkan dalam keadaan parah, keputihan dapat mengindikasikan seorang wanita mengidap penyakit kanker serviks. Melihat bahaya yang ditimbulkan keputihan sangatlah besar, saya akan mencoba berbagi mengenai cara pencegahan terhadap keputihan.

Berikut adalah uraian cara mencegah keputihan agar tidak berwarna :

1. Jaga kebersihan organ intim

Penyebab utama keputihan pada organ intim wanita adalah kurangnya kepedulian dalam menjaga kebersihan organ intim tersebut. Hal ini dapat kita lihat pada sebagian besar wanita yang memiliki kebiasaan langsung mengenakan celana dalam setelah ia buang air dimana vagina masih dalam kondisi basah. Padahal, hal tersebut akan membuat vagina menjadi lembap. Vagina yang lembap akan sangat disukai oleh bakteri dan juga jamur. Keadaan inilah yang memicu timbulnya keputihan.
Berdasarkan keterangan diatas, dapat kita simpulkan bahwa menjaga kebersihan organ intim adalah hal utama yang harus dilakukan untuk mencegah keputihan. Anda dapat menggunakan sabun yang pH-nya setara dengan organ intim. Sabun dengan pH yang tepat dapat menekan pertumbuhan bakteri  yang dapat mengakibatkan keputihan.

2. Jangan memakai bedak

Bedak memiliki tekstur yang sangat halus dan lembut. Tekstur halus pada bedak, dapat dengan mudah terselip di bagian - bagian vagina. Hal ini kemudian akan menarik perhatian bakteri untuk tinggal ditempat tersebut.

3. Kenakan celana dalam yang kering dan bersih

Pastikan anda selalu mengenakan celana dalam yang kering. Hal ini akan membuat vagina lebih nyaman dan kering untuk menghindari bakteri berkembang. Jika celana dalam anda lembap atau basah, vagina juga akan ikut menjadi lembap. Keadaan ini akhirnya mengundang bakteri dan jamur yang bisa memicu terjadinya keputihan.

4. Pakai Celana dalam berbahan katun

Celana dalam berbahan katun akan mudah dalam melakukan penyerapan keringat. Dengan begitu, celana dalam berbahan katun akan menghalangi bakteri untuk tinggal divagina karena kain celana dalam tidak basah dan lembap.

5. Hindari mengenakan jeans ketat

Jeans yang ketat akan membuat vagina menjadi sulit bernafas. Selain hal tersebut dapat memicu terjadinya keputihan, jeans juga bisa menyebabkan vagina menjadi sulit untuk tumbuh serta berkembang. Oleh karena itu, pakailah celana yang longgar agar kesehatan vagina dapat dijaga dengan baik dan benar.

6. Jangan malas mengganti pembalut saat haid

Pembalut yang tidak kunjung diganti akan mengundang bakteri untuk datang dan menyerang vagina. hal tersebut menyebabkan bakteri dan jamur mudah datang dan menimbulkan infeksi.

Itulah 6 cara ampuh untuk mencegah keputihan. Semoga berguna dan menjadi informasi yang tepat untuk anda terapkan.

6 Cara Ampuh Mencegah Keputihan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Info & Artikel Kesehatan