Infoginekologi.web.id sebagai penyedia pengetahuan dan artikel informasi kesehatan wanita online seperti penyebab, pencegahan dan cara mengatasi

Bagaimana Menstruasi Terjadi Setiap Bulan

Ginekologi - Memahami cara agar datang bulan tetap teratur merupakan hal yang perlu diperhatikan dari cara mengetahui siklus menstruasi Anda bekerja setiap bulan dan ini langkah penting dalam meningkatkan kesehatan reproduksi Anda.

menstruasi

Menstruasi adalah istilah yang diberikan kepada debit periodik darah, jaringan, cairan dan lendir dari organ reproduksi betina dewasa secara seksual. Aliran ini biasanya berlangsung selama 3-6 hari setiap bulan dan disebabkan oleh penurunan mendadak dalam hormon estrogen dan progesteron.

Ini yang merupakan hormon yang mengatur dalam proses ini. Hormon adalah zat kimia yang diproduksi oleh organ, kelenjar atau sel-sel khusus, yang dilakukan melalui aliran darah untuk mengatur aktivitas organ-organ tertentu.

Ini merupakan keseimbangan dan interaksi antara hormon-hormon ini yang mengatur peristiwa tertentu yang membentuk siklus menstruasi.

Faktor-faktor seperti nutrisi, stres, olahraga dan sistem kepercayaan semua dapat mempengaruhi bagaimana hormon bekerja dan apa yang kita alami selama siklus.

Pubertas


Hormon mulai melakukan hal di masa pubertas, dan berbagai jenis hormon yang terlibat.

Hormon-hormon ini adalah:


Estrogen
1. Meningkatkan pengembangan dan pemeliharaan struktur reproduksi wanita (terutama lapisan endometrium rahim),
2. Membantu dalam mengontrol keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.
3. Menyiapkan folikel untuk pelepasan telur.

Estrogen juga memiliki banyak fungsi lainnya.

Progesteron


Disekresikan pada ovulasi, ini dapat membantu untuk mempersiapkan endometrium (rahim lapisan) untuk implantasi telur, gland susu untuk memproduksi susu. Terutama berkaitan dengan prokreasi dan kelangsungan hidup janin.

FSH Follice Stimulating Hormone. Merangsang folikel (folicle adalah balon yang berbentuk struktur yang diisi dengan cairan dan mengandung telur, folikel ditemukan dalam ovarium) untuk mematankan beberapa telur. Pada saat yang sama ovarium melepaskan estrogen.

LH Lutenising hormon


Selanjutnya mengembangkan folikel, memicu ovualtion dan merangsang produksi hormon lain yang diperlukan untuk tahap pasca ovulasi dari siklus menstruasi.

Sekresi hormon adalah bagian hal yang beraneka ragam dan kompleks didalam tubuh yang terlibat dalam berbagai transaksi kimia.

Gambar di dibawah ini merupakan gambar yang diambil dari tubuh perempuan, kebijaksanaan perempuan oleh Dr. Christine Northrup.

Seringkali hormon dalam siklus menstruasi memiliki fungsi lain untuk bermain di tubuh anal juga, misalnya progesteron dapat meningkatkan libido, yang merupakan diuretik alami dan membantu dalam proses membangun tulang baru untuk semua tingkat dari anal kesejahteraan.

"Kita perlu ingat bahwa hormon ini biasanya hanya hadir dalam jumlah kecil dan bahwa itu adalah hubungan antara kadar hormon yang sangat penting, bila keseimbangan ini terganggu dari sejumlah penyimpangan menstruasi dapat terjadi".

Misalnya triphasic atau kombinasi pil kontrasepsi mengandung hormon estrogen dan progesteron. Ia bekerja dengan mengubah keseimbangan hormon tubuh secara alami, sehingga menghambat ovulasi, mencegah implantasi telur dan membuat lendir servks bermusuhan dengan sperma. Karena kontrasepsi ini bekerja dengan mengubah hubungan antara hormon sangat mudah untuk melihat mengapa hal itu dapat memicu begitu banyak efek samping pada tingkat fisik, mental dan emosional.

Sumber : Ginekologi

Bagaimana Menstruasi Terjadi Setiap Bulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Info & Artikel Kesehatan